Persiapan Magang di Zenius Education




Di kesempatan kali ini gue pengen sedikit cerita tentang pengalaman gue bisa keterima buat jadi salah satu bagian dari Start Up Educational Technology (Ed-Tech) yang menurut gue itu yang terbaik di Indonesia yaitu Zenius Education. Penasaran gimana ceritannya ? Tapi, sebelumnya buat lo semua yang belum tau apa itu Zenius bisa langsung cek aja disini yah.

gambar gue download dari merdeka.com terus gue edit lagi

Melamar


Ah, ciee kaya mau nikah aja nu ngelamar wkwk. Tapi beneran loh cuma ini ngelamar buat internship ( kerja sementara dalam waktu beberapa bulan ). Awalnya sih gue masih bingung buat dapetin tempat magang, udah coba kesana – kesini nanya via Customer Service sama temen gue hikam di beberapa perusahaan tapi alhasil belum ada yang kosong.

Rata – rata mereka biasanya bilang udah penuh pas gue apply di posisi tertentu. Kemudian pas liburan bulan januari gue kepikiran buat intern di zenius, tapi gue juga masih bingung mau di bagian apa nantinya. Soalnya memang sadar diri aja gue dengan skill sama pengalaman yang minim apa mungkin iya bisa keterima di perusahaan sekelas Zenius.

"Dalam hati gue waktu itu"

Dan ternyata ada banyak banget lowongan yang ada disana mulai dari front end developer, back end developer, tutor ( fisika, bahasa indonesia, bahasa inggris, TPA dll ). Tapi, karena gue memang orang nya seneng tulis menulis kaya gini akhirnya gue apply di bagian Blog Editor aja deh sama durasinya mungkin hanya beberapa minggu doang yang gue ajuin. "Beneran blog editor nu ? kan ngga ada hubungannya sama jurusan lu di kuliah ( fisika )?" kata salah satu temen gue waktu itu.

Tapi memang gitu sih karena minat gue banyak jadi ngga ada salahnya juga sih buat belajar hal baru, dan itu juga yang selalu Zenius ajarin ke para muridnya yaitu tentang growth mindset.

Abis itu gue coba apply sama kirim lamaran ke HRD Zenius dari mulai CV, transkrip akademik, Scan ( KTP, KTM, dll ), pas foto, sama porto-folio. Dan tau ngga lo gue ngirimnya kapan ? yaitu di bulan juni 2019! Tepat beberapa hari abis lebaran gitu.

Dan semenjak itu gue menunggu kepastian sama pesen dari Zenius hehe

Kalo ada yang ngeh ini gambar gue ambil dari PUBG

Follow Up

Karena belum ada kabar selama beberapa minggu ini,  akhirnya gue coba buat follow up ke kak fany sama hrd zenius. Selang beberapa hari akhirnya gue pun mendapatkan pesan bahwa dari pihak hrd udah ngeliat lamaran gue. Alhamdulilah. Tapi, karena yang saat ini sedang tersedia adalah dibagian SEO Intern ( Search Engine Optimalization ) akhirnya gue pun di rekomendasiin buat dibagian itu.
Keadaanya waktu itu gue lagi magang di coworking, dan rasanya campur aduk gitu antara bingung sama seneng. Seneng banget gue bakal jadi salah satu bagian dari zenius dan yang gue bingung-in adalah gue harus magang selama 3 bulan dan itu pasti bakal nabrak sama jadwal kuliah gue, duhh. Tapi sans setiap masalah pasti ada jalan solusinya, kata gue waktu itu.

Sumber dari Grid.id

Mengambil Keputusan


Membuat dan mengambil sebuah keputusan merupakan hal yang krusial dalam hidup, setiap hari kita akan di hadapkan pada berbagai pilihan yang harus kita pilih. Bagi beberapa orang memang gampang tapi bagi beberapa orang lain butuh pertimbangan yang matang. Karena memang konsekuensinya ngga cuma setahun atau dua tahun. Tapi bisa jadi bertahun – tahun men dan itu dia yang gue pertimbangin pada saat itu.

Gue mulai coba menganalisa keadaan gue sekarang mulai dari kuliah, organisasi, lomba, kerjaan partime gue. Dan berbagai kesibukan lain sampe bahkan rencana setahun kedepan. Abis itu nanya – nanya ke beberapa temen gue sama kakak tingkat gue buat nyari insight supaya bisa jadi bahan pertimbangan lain.

Setelah mengumpulkan semua informasi yang ada, mempertimbangkan pilihan akhirnya gue memutuskan buat magang di sini selama 3 bulan (itu memang waktu yang ngga sebentar juga hehe ).

Tapi dari hal itulah gue belajar bahwa setiap keputusan pasti akan ada konsekuensi yang harus gue terima kedepannya.

Apa aja yang gue siapin ?

Sebelum mulai magang di sana gue mulai ngulik dulu tentang SEO, nyari tau gimana iklim kerja di sana, rencana kapan berangkat , sampe pas waktu di jakarta gue tinggal sama siapa. Selagi persiapan ternyata masih banyak hal – hal lain yang harus di lakuin dari mulai komunikasi sama ortu, keluarga dan sodara.

Ga lupa ngomongin masalah cuti di tempat part time gue juga, beres – beres sama pindahan kontrakan dan berbagai hal lain. Kalo misal semua persiapan udah kelar baru deh mikirin buat berangkat sama ngejalanin magang disana.



Berangkat ke Jakarta!


Dan akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun dateng. Waktu itu gue berangkat dari atas (tembalang) bareng Sani. Awalnya sih mau berangkat malem terus nginep di rumah budhe nya sani biar lebih deket aja gitu ke stasiun tawangnya. Tapi, karena ini adalah malem terakhir di konti ( nama kontrakan fisika 16 ) jadi gue ama temen-temen yang lain ngobrol – ngobrol dulu dan ga kerasa bisa ampe jam 3an.

Banyak banget yang gue obrolin ama yang lain mulai dari hal-hal mistis, percintaan, akademik sampe ke hal – hal lain yang asik bareng irsyad, rama, dave, kosi, ilham, dzaki, faris, tama, galang, sama temen – temen yang lain.

Besoknya gue bangun kesiangan, ketinggalan kereta dan akhirnya harus naek bis ke jakartanya huhu. Kedepan ini bakal jadi pelajaran buat gue untuk lebih mikirin skala prioritas.

Oke mungkin itu dulu buat part 1 nya insyaAllah kedepan gue bakal cerita – cerita lagi atuh yah. Sampe jumpa di cerita gue berikutnya.