Setiap pertemuan pasti akan ada perkenalan, dan perkenalan itu pasti akan menyisakan sebuah kenangan , entah manis atau-pun pahit tetao harus kita terima dan kita kenang untuk kita jadikan sebagai pembelajaran buat masa yang akan datang....

Halo gaes balik lagi bareng gw ibnu, nah di tulisan kali ini gw pengen cerita mengenai perjalanan gw ditemenin sama zenius hehe itu zen bukan nama orang tapi nama salah satu bimbel online yang udah bukan goks lagi, tapi lebih dari itu nah penasaran gimana ceritanya langsung aja deh yaaa



Awal pertemuan


Waktu itu sekitar kelas 2 SMA di akhir – akhir semester 3 , gw ngalamin untuk pertama kalinya patah hati, maklum masih muda dan waktu itu karena masih awal – awal pubertas juga. Tapi, ada yang lebih patah hati lagi bagi gw yaitu pada saat nilai – nilai rapot gw turun terutama saat gw ngga masuk rangking 5 besar dan nilai gw pada anjlok abiss, padahal waktu itu target gw itu adalah rangking 1. Maklum juga di kelas 10 semester 1 gw bisa rangking 2 dan kemudian turun jadi rangking 10 di kelas 10 semester 2.

Nah, karena hal tersebut akhirnya gw mendeklarasikan waktu itu buat bisa bangkit dan belajar dari awal lagi, alhasil waktu liburan gw pake buat belajar juga hehe.
Berhubung waktu itu juga gw belum punya handphone yang bisa buat browsing akhrinya gw pinjem hape kakak gw buat cari – cari sumber dan ngga sengaja ketemu sama artikel ini

Dan semenjak itulah gw mulai kenal sama zenius


Jadi punya cita – cita
“ Kalo boleh jujur nih yah, sebelum gw kepikiran buat kuliah dulu cita – cita gw cuma mau jadi satpam, pegawe sales di toko - toko or supir angkot ( serius ngga bercanda ini mah ) haha , “ lah, terus sekarang kok ketawa ? gapapa biar bahagia aja sih...
Maklum dikeluarga gw belum ada satupun yang bisa kuliah, kakak gw yang pertama ngga lulus smk karena harus drop di kelas 2 pas abis kenaikan kelas, dan kakak gw yang satunya lagi juga sama bahkan SD aja sampe blm lulus, sampe akhirnya blm punya ijaazah... semua karena 1 hal yaitu “ biaya “ dan karena hal itulah gw juga jadi mager buat kuliah karena memang, sadar diri aja sih kalo orang tua ngga akan mempu buat biaya-in gw kuliah huhu...
dan lalu...
zenius pun datang...

Seolah – olah zenius adalah anugrah yang diberikan oleh Allah swt yang bikin pikiran gw lebih cerah dan tercerahkan, bahkan ngga cuma cerah lagi tapi lebih dari itu.


Berubah drastis


Kenapa gw bikin tulisan kaya gini, sebenernya gw nyesel juga sih kenapa ngga kenal zenius dari awal, bisa nonton video interaktif sama dengerin bang sabda di zenius learning nya, tapi disisi lain gw juga bersyukur karena Allah mempertemukan gw sama zenius di kelas 2 SMA coba aja kalo misal di kelas 3 atau abis lulus SMA, mungkin aja gw ngga bakal bisa kuliah di negeri.


Semenjak itu di akhir 2015  gw jadi hampir setiap hari baca blog zenius, melalui hape kakak gw, di sekolah bahkan di kelas gw bisa lebih fokus buat belajar, baca buku, ngerjain soal, diskusi , ikut kegiatan ekstrakulikuler sama juga kadang – maen bola sama nongkrong di warung nya teh neni sama anak – anak girilaya ( pecinta alam nya SMA Negeri 17 Bandung ). Alhamdulilah karena gw juga bisa ngatur waktu, akhirnya gw bisa belajar buat nyiapin SBMPTN sama juga tetep masih bisa buat maen, nongkrong bahkan ngajar anak – anak tetangga di rumah anak sd bareng sahabat gw lintang. Dan, karena komitmen gw juga buat bisa masuk Institut Terbaik Bangsa alias ITB hehe gw jadi makin semangat buat belajar di setiap harinya. Dan semenjak saat itu juga temen – temen gw pada bilang “kok, ibnu makin rajin yah ? “ , “ iya dong kan hidup harus punya mimpi dong, kalo kata imam safi’i lebih baik kita lelah menahan lelahnya belajar, daripada harus nyesel nanti karena nangung perihnya kebodohan, dan sejak saat itu juga gw jadi terbiasa buat ngontrol diri gw sendiri.

Entah kenapa ? artikel yang ada di zenius blog selalu pas sama kebutuhan gw, dan itu yang bikin gw merasa bahwa perjalanan gw sepanjang SMA ini selalu ada yang kasih support
Buku perjuangan SBMPTN yang masih gw simpen sampe sekarang


Gw tempel di buku, di tembok rumah dengan jelas logo gajah duduk biar semakin termotivasi , sama kadang – kadang juga gw suka mempengaruhi temen – temen gw buat “ ah, bro mending lu nyiapin SBMPTN aja deh dari sekarang” daripada cuma nyiapin buat UN doang, lumayan kan biar bisa dapet 2 in 1, alias SBMPTN dapet sama UN juga dapet. Dan, bahkan rasa syukur gw semakin bertambah pada saat baca artikel di zenius yang isinya memang bener – bener gokil banget tentang ternyata belajar sbmptn itu gunanya ngga Cuma buat lolos kuliah atau ngerjain soal doang, tapi ada yang lebih penting yaitu kita jadi bisa nyiapin buat jadi pembelajar seumur hidup, dan ternyata kabar baiknya itu yang gw rasain sampe saat ini.

Jadi banyak percapaian di SMA

Sebenernya bahkan gw juga kadang ngga pernah kepikiran buat ikut lomba sampe juara 1, tapi ternyata cara belajar gw melalui konsep deliberatepractice, gw terapin buat lomba cerdas cermat di Institut Teknologi Bandung waktu kelas 3 semester 1. Bener – bener banyak ngasih impact, terutama waktu gw ngerjain soal logika dan aritmatika, disi lain temen gw lintang ( yang sekarang di jurusan elektro UGM ) sama temen gw sandi ( yang sekarang di AKPOL semarang ) masing – masing kebagian algoritma & pemograman sama pengetahuan umum tentang IT, sampe akhirnya bisa lolos di semifinal sama final dan final ngalahin ( sma dari garut sama purwarta dan smk di cimahi ) bener – bener pengalaman yang ngga akan pernah gw lupain.
Juara 1 Super Youth Olympic 2015


Foto bareng supporter sama pak juli sebagai pembimbing
Foto sama Lintang Erlangga ( Elektro UGM 2016 )


Foto sama Pak Sandy ( AKPOL 2016 )

Terus di kelas gw juga akhirnya bisa tembus rangking 1 di kelas 3 semester 2, salah satu cita – cita gw sejak lahir yang belum pernah terwujud akhirnya terwujud :") , hal tersebut di dapet bukan karena gw pinter or jenius sih tapi karena ketekunan gw dalam belajar , dan juga do'a orang tua dan orang - orang yang ada di sekitar gw yang bikin Allah meridhoi segala usaha gw :),  karena gw berprinsip ngga ada orang yang pinter atau bodoh yang ada cuma rajin sama males buat belajar. Dan Alhamdulilah gw bisa lolos buat seleksi SNMPTN dan karena gw terlalu pede sama pengen nyoba gw malah milih ITB hehe, daripada ngga nyoba sama sekali kan, padahal memang sma gw jarang banget yang lolos ke ITB kebanyakan paling ke UPI atau POLBAN sih tapi karena gw berani, akhirnya nyoba juga.
Target - Target Jalur Masuk KULIAH

Karya yang gw bikin supaya semangat bercita - cita hehe
Dan karena salah satu artikel dari zenius yang bilang kalo buat seleksi buat nyoba sebanyak mungkin jalur buat kuliah, dan memang bener gw coba banyak dari mulai SNMPTN ( seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri ), PMDK Polban ( Penelusuran minat bakat dan kemampuan politeknik negeri bandung ), Ujian Politeknik Keuangan Negara STAN, Ujian Tulis UGM , bahkan saking niatnya gw sampe berangkat kesana berdua sama temen gw opong buat ke UGM yogyakarta, SBMPTN tentunya, sama UMPTKIN ( ujian masuk perguruan tinggi negeri islam ). Dan alhamdulilah gw bisa lolos S1 Fisika Universitas Diponegoro sama S1 Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati sama juga lolos Beasiswa Bidikmisi. Alhamdulilah buat cerita lengkapnya disini
Lolos SBMPTN S1 Fisika Universitas Diponegoro

Loloa Pendidikan Fisika Univeesitas Diponegoro

Perjalanan menuju jogja

UGM !

Apakah zenius masih nemenin gw di bangku kuliah ?


Dengan basic skill yang bang sabda ajarin, yaitu logic and critical thinking, mathematics skill, and verbal skill sampe bahkan ke zenius learningnya sekalipun. gw jadi lebih bisa buat survive di bangku kuliah karena memang udah punya konsep diri yang kuat, bahkan alhamdulilah juga di awal – awal temen asrama gw juga jodhi karena punya X-PEDIA jadi bisa sekalian belajar hehe, dari mulai zenius learning sama basic skill TPA/TBS. Dan, zenius learning platform ini gw pake buat berorganisasi ( sampe gw kepilih jadi ketua angkatan di fisika ), ketua panitia, berbagai sie di himpunan sama juga buat beberapa lomba yang gw ikutin , yang paling baru waktu ikut lomba di malaysia tentang sains and engineering sama bisa juara 3 di lomba universitas bangka belitung tentang  ilmu politik ( serius polik nu ? bukannya lo anak fisika ?  nah, itu dia belajar itu bebas apapun dan jangan batesin ilmu yang ada huehuehehehe...

Sampe sekarang masih jadi Zeniuser hehe

Bareng peserta lomba lainnya di I-ENVEX Malaysia 2018

Sekalian jalan - jalan di kuala lumpur

sama Team, Pamitia dan peserta lain di Univ Bangka Belitung
Di BIS waktu lomba di Universitas Bangka Belitung

Gw nyesel kenapa ngga dari dulu kenal sama lo ?



Bagi gw zenius bener – bener anugrah yang gw sesalin ( karena baru kenal di kelas 11 ) dan juga sekaligus gw bersyukur bangeeeeeett nget nget bisa kenal sama zenius karena udah nemenin perjalanan gw dalam learning karena learning is jouney not a race. Terimakasih zen, udah bikin gw ngga ngebanding – bandingin diri gw sama orang lain lagi karena rangking, udah bikin gw jadi lebih open minde sama punya cita– cita  yang besar sama tau cara gimana buat ngewujud-in nya, udah bikin gw bisa belajar hal baru dengan cepat dan tepat, dan yang terpenting bikin semua itu dijalanin dengan enjoy dan bahagia hehe. Dan karena kecintaan pada pendidikan gw jadi bisa bikin komunitas bareng temen – temen sma gw yaitu for seven teen, yang isinya online discussion, cerita perjuangan sama artikel yang ada di blognya, tujuannya biar apa yang gw dapet sama temen – temen gw dapet bisa juga di estafet-in ke adik kelas sama orang lain tentunya.
Dan sesekali gw juga pernah ngisi online discussion -nya

Waktu ngisi online discussion tentang Bidikmisi
Waktu ngisi online discussion tentang MIMPI

Dan bahkan sampe sekarang gw masih suka buat pantengin blog zenius, gw baca ulang lagi artikel yang ada di zenius bisa retensi nya main gede, sama kalo gw bilang refeshingnya gw sendiri ya belajar lagi, memang kalo udah hobi mau gimana lagi gan. Self Improving memang seru banget apalagi kalo bisa ngajarin ke orang lain termasuk belajar desain dari mulai pake pickart sampe pas udah bisa kebeli laptop belajar pake corel draw ada kebahagiaan sendiri ketika gw bisa belajar dan juga berbagi :)
Sejatinya, dengan belajar kita jadi bisa lebih tercerahkan dan juga menjadi cerdas, masalah nilai, pencapai-an itu mah bonus, kalo berhasil ya Alhamdulilah, kalo gagal juga kita tetep belajar anggep aja itu learning cost buat belajar. Memang penyesalan ngga akan pernah ada di awal karena kalo yang namanya 


Terakhir ngutip kata - kata bang wisnu tentang Tujuan pendidikan

Sebagian besar orang masih beranggapan bahwa tujuan pendidikan itu adalah untuk mencari kerja. Nasihat-nasihat seperti “belajar yang rajin, supaya nanti bisa cari kerja, punya banyak uang, dan bahagia” masih sering terdengar dimana-mana. Tetapi benarkah pendidikan itu hanya bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan dan bisa memiliki penghasilan?Kalau kita teliti lebih jauh, pendidikan memiliki benefit jauh lebih banyak daripada itu. Pendidikan menciptakan manusia yang lebih berarti baik itu sebagai pekerja, sebagai pemilih dalam masyarakat yang demokratis, sebagai pemikir, sebagai penerima informasi, sebagai penduduk yang bertanggung jawab, sebagai pribadi yang sehat dan bahagia, sebagai manusia dewasa yang berada dalam masyarakat yang terbuka dan progresif. Secara singkat, pendidikan itu menjadikan kita a better person.Semua benefit itu tidak diperoleh dengan membatasi pendidikan hanya untuk survival di dunia kerja. Tetapi diperoleh dengan membangun kebiasaan belajar yang berkelanjutan kepada peserta didik. Salah satu kebiasaan belajar yang paling penting untuk ditanamkan sejak dini adalah kebiasaan untuk berpikir kritis.
- Wisnu Subekti