pentingnya membaca buku



Prolog Singkat

Hallo semuanyaaa balik nih bareng gue ibnu , pasti lo udah kangen kan sama tulisan - tulisan gue... apalagi tentang cerita - cerita gue, ihh geer banget sih aing kunaon wwkwkw. kaga bercanda itu mah tadi, tapi intinya gue tetep seneng karena melalui tulisan - tulisan disini gue bisa berinteraksi dengan lo semua , makannya jangan lupa buat komen dibawah yaaa kalo misal ada dari lo yang pengen ditanyain / pun ngasih saran atau rekomendasi ke diri gue, santaiii gue terbuka kok orangnya.

Ettt, kelamaan intro jadi lupa nih gue mau ngomong apa sebelumnya, oke oke gue ingei. Jadiiiii begini boss!!! Di kesempatan kali ini kayaknya bakal ada yang berbeda dari tulisan gue . Lah emang bedanya gimana sih nu ? , begini boskuh jadi nih kan biasanya gue tuh suka ngonsep dulu kalo mau nulis sebuah tulisan di blog, nah biasanya gue sukak pake word editor gitu (ms word misalnya, notepad dll), tapi mungkin berhubung karena gue aga mager nih, ehh si ibnu bisa mager juga yah ternyata, akhirnya gue langsung nulis aja dehh di blog langsung..

Sedikit Flash-Back

Entah kenapa semenjak gue lahir sampe sekarang, belajar menurut gue merupakan hal yang ngga pernah bisa terpisahkan di dalam hidup, aaaacieeelah, dan semenjak itu juga gue selalu ngeliat bahwa ternyata orang - orang hebat yang punya pemikiran super gokil yang gue liat itu ternyata adalah seorang pembaca buku yang baik ?

sebuh saja misalnya salah satu orang terkaya di dunia , mungkin kalo misal gue nyebut nama Bill Gates pasti lo bakal langsung ngeh dan "kebayang" sama orangnya.

setuju ngga lu sama statement gue yang satu ini ?

yaaa, kalo misal lo gapercaya , coba misal lo cari ( jangan banyak - banyak 1-2 orang aja deh ) "seseorang yang lo kagumi" karena karyanya, dan coba lo tanya (kalo bisa langsung boleh atau juga lo bisa nanya ke diri lo sendiri dengan implikasi kalau akhirnya lo bakal nyari tau tentang orang tersebut) bisa itu lewat biografinya, tulisan - tulisan di artikelnnya atau apapun itu.

kalo gue sih ada banyak orang - orang yang menginspirasi di dalam hidup gue sendiri, karena gue selalu percaya dengan membaca tulisannya atau pun menikmati karyanya ngebuat hidup gue jadi lebih positif setiap hari.

mulai dari bang sabda, bung fiersa, kak iman usman, kang evan, elon mosk, bossman mardigu wowiek dan masih banyak orang - orang yang menurut gue hebat dan selalu menginspirasi gue di setiap harinya lewat karya - karya yang mereka tebar.

Ohiya selain itu membaca tulisan mereka di blog/buku - buku yang mereka tulisa juga bisa sih biar kita juga bisa tau gimana pemikirannya melalui tulisan yang ada.


Ohiya gue juga mungkin mau sekalian minta maaf , karena semenjak gue sering sibuk sama kebanyakan project2an disana sini gue jadi jarang nulis hehe, padahal menulis tuh kan banyak manfaatnya kan ?

ehh jadi ngalor ngidul nih. Okee lanjut yaaa, dan opini gue tetep bilang , dengan membaca buku kita jadi lebih punya banyak wawasan sama kadang bisa jadi salah satu bentuk hiburan atau juga terapi bagi otak kita buat ningkatin fokus siih kalo kata gue mah.

Dan banyak juga riset tentang membaca buku yang menurut gue bisa juga lo baca misalnya di salah satu tulisan ini

Manfaat Baca Buku ?


seseorang yang sedang membaca buku


Menurut gue baca buku itu punya baaaaaaaaanyaaaaaaaaak baaaaaaaaaangeeeeeeeeet manfaat, ini gue ga akan ngomongin tentang teori apapun but gue lebih ke pengen cerita aja sih tentang manfaat langsung ataupun ngga langsung yang selama gue hidup depetin dari  yang namanya ngebaca buku, terus apa aja sih manfaatnya ?

Singkat Cerita

Jadi waktu gue SD itu kan ada buku paket bahasa indonesia tuh yah, nah biasanya di setiap bab itu suka ada cerita - cerita pendek gitu. But, jujur gue sukak banget sama tulisan - tulisan itu dan biasanya suka gue baca sampe habis tuh bacaan , sampe2 kadang guru gue juga bingung kok gue bisa - bisanya yaa baca buku ampe kelar dalam waktu beberapa hari doang, padahal itu materi harusnya setahun buat ngelarinnya.

Singkat cerita itu lah yang dinamakan dengan kondisi flow, dimana gue lagi fokus banget sama sesuatu yang gue lakuin sampe - sampe gue lupa kalo udah begitu banyak dan begitu jauh yang udah gue capai. Dan dorongan (drive) yaitu rasa ingin tahu gue pun setiap hari makin bertambah juga dan faktanya ? itu ngga kerasa cape loh aslii.


reading book's is good, but is more better if you can implement it


Terakhir
Mungkin disini , diantara lo semua ada yang memang doyang baca buku, agak kurang atau malah ngga sama sekali. Dan disini juga gue membebaskan kalian mau baca / ngga juga serah lu aja sih. Tapi, intinya kalo kata gue yah sebanyak apapun buku yang lo baca jangan lupa buat selalu mengimplementasikan apa - apa yang lo pahami sama mengerti dari buku yang lo baca tersebut, Soalnya sepengalaman gue suka ada aja sih nih beberapa orang yang cuma karena baru "TAU" doang udah sok ngajar dlsb, sementara belum ngamalin sama sekali, karena faktanya hidup ini akan selalu ada masalah yang harus kita hadapi, dan kalo semisal kita bisa akses informasi yang kita punya dari baca buku itu, kita bakal jadi orang yang lebih better lagi kedepannya.

Ohiya mungkin bisa juga nih selain baca buku lo juga bisa baca jurnal/paper hasil riset penelitian dan juga buku - buku dari orang - orang hebat yang ada.

Oke deh mungkin cukup segitu dulu aja yaaa di tulisan gue kali ini, sekali lagi gue pengen ngucapin, makasih banyak udah mau mampir ke blog gue dan juga baca - baca tulisan gue. Akhir Kalam gue cuma mau bilang, terus-lah belajar dan tetap-lah merasa haus karena ilmu itu semakin bertambah justru kita akan semakin bertambah juga "ketidaktahuannya' dan juga apa yang kita hasilkan tergantung dari apa yang kita konsumsi gituu.

TTD
Ibnu Riski

sumber gambar :