Waktu gue di Musium Timah, Bangka Belitung.


Beberapa hari yang lalu gue baca beberapa artikel dan juga menonton salah satu akun youtube yaitu kok-bisa ? mengenai kenapa sih waktu terasa begitu cepat, liburan kita yang kita anggap akan lama misal 1 bulan, 2 bulan atau bahkan sampe 3 bulan ternyata pada kenyataanya “ kita merasa ngga kerasa “ hehe. kenapa bisa gitu yah, okee dibagian ini insyaAllah gue bakal ngejawabnya.

Stage 1


Okeyy, mungkin disini gue ngga akan bahas hal – hal yang berat dulu deh, ngga akan pake dasar teori ataupun hal – hal ribet lainnya. Semua bakal gue set sama bikin very simple. Sebenernya keresahan gue ini juga bermula ketika menjalani kuliah selama hampir 2,5 tahun ini tapi kok gue ngerasa terlalu sebentar yah. Memang benar sih banyak pencapaian, pengalaman dan juga relation yang gue bangun selama 2,5 tahun tersebut, tapi kok rasanya ya begitu hidup berasa terlalu singkat.

Masalahnya dari mana sih sebenernya ?
Kalo kita lihat dalam beberapa sumber yang ada di internet kalo penyebab dari waktu yang " kerasa " makin cepet itu sebenernya dari mulai karena adanya resonansi schumann , detak bumi yang semakin cepat, mau akhir zaman juga dan berbagai hal lainnya yang kalo memang kita pikirkan dan renungkan memang ngga akan kelar – kelar sih ngomongin waktu yang begitu cepat, kok rasanya hal yang kita pengenin banyak banget tapi waktu yang kita punya terbatas !

“ waktu kita terbatas, sementara keinginan kitaNgga terbatas “
Nah kurang lebih itu dia masalahnya, kita selalu punya banyak target yang ingin kita capai dalam hidup ini atau mungkin bukan kita kali yah tapi " gue sendiri yang memang harus gue akui hehe " , Cuma ya itu dia waktu-nya yang terbatas banget , nah terus gimana dong solusinya ?

1. Be Proaktif
Maksudnya gimana sih be proactive itu apa gue harus aktif dalam berbagai forum ? NO, proaktif artinya lo sadar kalo hidup lo adalah tanggung jawab dari diri lo sendiri, lo ngga akan reaktif dengan hal luar karena memang ngga bisa kita kontrol dan lain sebagainya.

2. Punya rencana
Berhubung momennya pas juga nih, kan bentar lagi udah mau tahun baru kan ? mungkin lo bisa dari sekarang ngerancang apa aja sih resolusi - resolusi yang mau lo capai di tahun ini dan tentunya semangat aja ngga cukup tapi juga lo harus punya stategi untuk mencapainya.

3. Tentuin prioritas !

Nah ini dia yang memang cukup sulit dan bahkan gue juga masih belajar gimana caranya supaya bisa disiplin sama diri sendiri ( head, hand, hearth ) karena memang ini-lah yang gue akuin juga merupakan hal yang sulit buat di lakuin sama dijalani kalo semisal komitmennya ngga kuat sama ngga ada semangat yang sustainable. Ada suatu kutipan yang menurut gue sangat berkesan di buku 7 Habith karya Sean Covey dimana doi bilang kalo, kita ngga akan mungkin bisa nyenengin semua orang, waktu kita juga terbatas, bahkan hal yang kita pengen (pun) ngga mungkin bakal bisa kita penuhin semuanya maka untuk itu mulai dari sekarang tentuin prioritas.


Stage 2          

Dari situ gue udah mulai paham tentang bagaimana " waktu dan memori ini bekerja " terutama tentang ruang, waktu, dan memori itu sendiri. 

Menurut KBBI sendiri memori merupakan kesadaran akan pengalaman masa lampau yang hidup kembali

Lalu apa hubungannya dengan ruang dan waktu ?

Hubungannya gue ambil analogi aja yah, semisal nih kampus lo lagi nge-(libur)-in mahasiswanya selama 1 minggu. Pastinya tiap – tiap orang bakal punya rencana yang beda – beda dong kan selama 1 minggu itu dari mulai ada yang pengennya istirahat aja di kosan sambil maen game seharian sampe lupa buat makan sama tidur ggelo !, ada juga yang punya rencana buat pulang kampung, dan bahkan ada juga yang punya rencana buat mengisi waktu liburannya dengan cara pergi ke tempat – tempat baru. Lalu, kita ambil contoh misal si A itu ngabisin waktu liburannya cuma buat hari pertamanya doang isitirahat seharian bahkan seminggu di kosan sambil maen game terus di sisi lain si B memilih buat pulang kampung dan mengikuti rutinitas orang tuanya yang adalah seorang petani lalu si C menghabiskan waktu liburnya selama 1 minggu dengan cara pergi ke tempat baru, dan mendokumentasikan pengalamannya melalui tulisan di blog, foto – foto yang ia unggah di akun media sosialnya dan juga video keren yang dia bikin sendiri.

Terus, apa yang terjadi berikutnya ?

Dan ternyata ketika mereka balik lagi ke kampus untuk kuliah , ada hal yang menjadi pembeda dari mereka bertiga yaitu experience dimana ternyata si C nganggep kalo liburannya asik banget dan berasa lama, doi juga sampe nunjukin tempat – tempat baru yang dia kunjungin selama liburan seminggu tersebut , ngga harus keluar kota sih tapi intinya ya “ tempat baru “ dari mulai ( gedong songo, simpang lima, bandungan, gunung ungaran, transmart, cafe gayo, anak panah kopi dll ) selain itu juga doi nyeritain semua pengalamannya melalui tulisannya di blog dan juga share foto – foto dan video hasil kegiatannya di instagramnnya, dibandingkan temennya yang lain si A sama si B yang kegiatan selama 1 minggu nya monoton dan kesannya Cuma itu – itu aja, jadi kata kuncinya dimana ? di “ itu – itu “ ajanya.
Hmm ada yang sama bukan ? yupps waktu liburan mereka sama yaitu sebanyak 24 jam dikali 7 hari, tapi apa coba yang bikin beda yaitu 

pengalaman-nya

Stage 3

 Dari sini gue sadar tenyata sebenernya yang ngerasa waktu itu berasa cepet ya gue sendiri sih, salah sendiri emang kegiatannya selama hampir 2,5 tahun ini Cuma kuliah ( kelas, tugas, quiz, uts, sama uas ) , organisasi ( rapat, proker, rapat, proker terus aja gitu ), sama sesekali ikut pelatihan sama kepanitiaan yang kesannya begitu monoton . Terus yang kedua gue belum mampu untuk mendokumentasikan semua hal yang udah alamin untuk menjadikan sebagai perpustakaan pribadi gue atau pun sumber inspirasi bagi orang – orang yang ada di sekitar gue ( barangkali ) , mulai dari pengalaman gue dalam berorganisasi, kuliah, lomba , ikut pelatihan sampe bahkan pengelaman hidup di semarang juga kali yah hehe.


Closing Statement

Oke mungkin ini yang terakhir dari gue.
Untuk itu. Dimanapun lo berada. Apapun keadaan lo saat ini.

Gue secara pribadi pengen ngajak lo semua buat “ayo” kita sama – sama bikin hidup kita lebih berarti ( meaningfull ) dan juga berharga dengan cara buat berani untuk mencoba hal – hal baru dan juga untuk men-dokumentasi-kan agar karya dan pengalaman kita ini dapat kekal abadi dengan cara bikin tulisan selama bulan tanpa henti dari mulai bulan januari 2019 sampe
31 Januari 2019 selama ( 30 hari dengan konsisten ).
Nah buat rekomendasinya yang mesti lo lakuin bebas gimana lo aja yang penting intinya produktif, ngga monoton sama di dokumentasiin.

Okee mungkin itu dulu yaa makasih udah mau baca tulisan ini. Semangat !!!