Tepat dini hari dan menjelang sahur, ketika gue sedang dalam perjalanan pulang menuju Bandung, gue dapet pengumuman dari hasil lomba beberapa waktu lalu. Ya, Modena Innovation Challenge. Hasilnya , bisa ditebak sendiri lah dan untuk kesekian kalinya gue harus gagal lagi. 

Sebenernya banyak orang yang ngga tau dari sekian banyak keberhasilan yang udah gue raih sampe sejauh ini ternyata dibalik itu semua tersimpan banyak banget kegagalan, yang biasanya gue keep cuma buat diri gue sendiri. Terus orang – orang tinggal ngeliat hasil dari apa yang gue kerjain. Awalnya gue mikir kalau gue nge share apa yang bikin gue gagal / share kepahitan dari sebuah perjuangan malah bakal bikin orang lain down wkwk. 

Tapi, sekarang gue sadar bahwa kegagalan adalah bagian dari proses dalam mencapai sebuah keberhasilan yang ngga bisa terpisahkan. Gue tau hidup gue ngga begitu sempurna, walaupun memang banyak rencana yang gue bikin itu gue desain dengan sesempurna mungkin, tapi tetep aja namanya juga proses dan gue ngalamin juga kegagalan. Karena kegagalan gue belajar untuk jadi orang “bijak” dan belajar dari kegagalan yang gue alamin. Dan untuk itu selamat menikmati cerita gue hehe



Ketika SD gue dikenal sebagai anak yang pemalu. Ya! Saking malunya gue kadang ngga berani buat maju di depan kelas, jangankan maju sama show up kedepan, buat ngacungin tangan sama ngomong aja gue masih takut. Tapi, ada suatu kejadian yang bikin gue belajar , yaitu ketika guru gue nanya dan gue tau jawabannya tapi gue malah ngga berani buat ngacung. Alhasil cukup banyak jawaban dari guru gue yang waktu itu gue udah tau jawabannya tapi karena gue menyianyiakan buat ngacung or maju kedepan malah orang lain yang dapet kesempatan itu.



Dan sejak saat itu gue jadi berani buat maju kedepan sama ngemukain ide sama gagasan yang gue punya dari pertanyaan guru gue tersebut. 



Cerita lain waktu itu gue pernah jadi ketua murid or ketua kelas pas kelas 3 dan ini merupakan untuk pertama kalinya gue jadi pemimpin dalam suatu kelompok. Tapi sekali lagi karena memang gue orangnya pemalu gue ngga berani buat jadi pemimpin pasukan pas waktu upacara bendera, alhasil gue jadi bahan ejekan temen – temen gue dan tau ngga lo setelah itu gimana ? di semester berikutnya gue langsung di ganti dari Ketua Murid dan jadi wali kelas ( ngga bercada itu mah ). Dan gobloknya gue malah seneng  pas gue diganti haha

Waktu itu hari kartini dan disekolah gue ada lomba menggambar, karena waktu itu temanya adalah menggambar sekolah gue jadi makin semangat buat ngegambar. Alhamdulilah walaupun gue gagal buat juara 1 tapi gue tetep dapet juara 4 hehe, pikir gue waktu itu “ mungkin gue harus lebih banyak belajar lagi biar nanti bisa juara 1, alhamdulilah sejak dulu udah punya growth mindset walaupun masih belum terlalu kuat.

Sejak dulu gue pengen bisa dapet rangking 1 di kelas, karena memang hanya itu yang biasanya jadi bahasan obrolan ortu gue sama tetangga lainnya “ eh si ibnu dapet rangking berapa di sekolah ? dll udah jadi makanan sehari – hari gue, dan bahkan karena orang tua gue selalu mensupport gue buat sebebas – bebasnya belajar gue jadi makin semangat buat ngehabisin beberapa buku sama berlatih lebih keras lagi dalam belajar. Alhasil walaupun gue gagal buat tembus ranking 1 buat ujian Nasional se-SD gue tetep dapet peringkat ke 3 di SD dan peringkat pertama di antara semua temen – temen gue yang cowo waktu itu.

Pernah waktu kelas 5 ada seleksi buat olimpiade matematika, dan waktu itu gue inget banget gue lemah di bagian operasi bilangan bulat, alhasil karena yang diambil hanya 3 orang dari yang ikut seleksi gue pun gagal buat lolos olimpiade matematika tingkat SD waktu itu.

Namanya juga anak kecil, masih penasaran sama berbagai hal yang ada di sekitarnya, waktu itu gue pernah jatoh dari motor pas waktu belajar motor pake motor kakak gue. Rasanya gimana , sakit ? iya Terus apa gue menyerah buat ngga belajar lagi ? jawabannya absolutly NO!

Terlepas dari semua yang udah laluin di masa – masa sekolah dasar dulu, banyak banget insight yang gue dapetin disini dari mulai tentang nilai hidup, nilai sosial, nilai agama, nilai moral dan nilai lainnya. Gue semakin hari semakin mencintai yang namanya belajar dan alhamdulilahnya bisa melanjutkan sekolah lagi ke bangku sekolah menengah pertama. Dan dari 30an anak di kelas 6 waktu itu Cuma 5 orang yang bisa lanjut ke SMP 36 Bandung dan sisanya di SMP lain. Dan kesalahn gue juga waktu itu masih cenderung buat ngebanding – bandingin diri gue sama perncapaian orang lain.



Awalnya gue takut buat masuk smp kala itu, entah kenapa rasanya ada aja ketakutan yang bikin gue pengen aja buat sekolah bukan di caringin. Pencarian jati diri pun terus gue lakuin dari mulai tujuan hidup, nilai hidup , teman dan berbagai hal lainnya. Banyak hal gue coba dan bahkan kenakalan yang masih dianggap wajar waktu itu yaitu merokok dan nonton video porno. Tapi dari situ gue sadar kalo gue harus berubah, gue ngga boleh jadi anak nakal yang nyusahin orang tua gue.


Dari semua mata pelajaran yang ada dua mata pelajaran yang paling gue benci yaitu matematika dan bahasa inggris, dan setelah gue sadari sekarang ternyata justru mata pelajaran itu yang paling dibutuhin sekarang karena memang jadi basic skill di bidang apapun. Tapi disisi lain gue bersyukur karena kecintaan gue terhadap membaca, menulis dan sastra ternyata benefitnya lumayan juga terutama soal masalah literasi gue ngga ketinggalan dibandingkan temen gue yang lainnya ( misalnya pas gue nulis tulisan tentang ini bisa jadi karena proses literasi yang udah gue lakuin bertahun – tahun lamaya ). Karena memang buat yang belum terbiasa buat baca ( Misal : baca buku yang rada tebel – tebel ) bisa menjadi beban mental tersendiri dan gue pun pernah ngalamin hal itu juga sans.

Awal – awal masuk waktu itu gue dikenalin sama yang namanya eskul , dan yang ada disana itu keren – keren, buat ngembangin minat sama bakat dan karena masuk nilai rapot juga jadi hampir ngga ada yang ngga ikut eskul. Anyway because i’m fail for join futsal club, i join rohani islam dan itu yang bikin gue secara agama ngga terlalu jauh. Alhamdulilah pasti selalu ada aja hikmah yang di dapet dari kegagalan yang gue alami.

Dulu gue pernah suka sama salah satu temen perempuan gue di SMP, tapi karena dasar aja gue memang ngga berani, gue gagal buat nyatain perasaan gue sama temen cewe gue waktu itu. Mungkin memang benar kata bung fiersa, terkadang perasaan ada buat kita syukuri keberadaanya, tidak harus di sampaikan dan di ucapkan aswrkk

Ya, itu mungkin sedikit cerita dari kegagalan gue di bangku SMP. kalo pas smp kenapa kegagalan gue kok sedikit yah?  itu karena yang gue coba juga sedikit,  karena gue terlalu takut buat mencoba :(


Kata orang masa SMA merupakan masa yang paling indah, bahkan Alm krisye pun sampe bikin lagunya lagunya “kisah kasih di sekolah” eits tapi namanya juga hidup tidak selalu tentang cinta – cintaan. Pas sma karena gue mulai berani buat nyoba berbagai kesempatan yang ada ngebuat gue jadi ngga takut sama yang namanya kegagalan,  karena seengganya toh gue udah nyoba daripada ngga sama sekali ( dibaca : samsek ) ,  dan dari situ gue tau apa kelemahan gue,  kelebihan gue dan gimana caranya buat ningkatin potensi gue,  intinya gue jadi bisa lebih mengenal diri gue sendiri sejak dini karena semakin banyaknya eksperiment yang udah gue lakuin.

Kelas 1

Berikut adalah kegagalan gue pas waktu kelas 1

Waktu itu gue bener – bener ngga punya rencana sama sekali dalam menjalani masa sekolah menengah ibarat mau dikemanain hidup gue yang ngikutin arus aja. Yang gue tau waktu itu gue ngga punya hape dan gue pengen punya hape udah biar bisa eksis aja di sekolah. Yap memang karena kemakan sama iklan – iklan di SMP tentang “Teens” atau remaja. Tapi kalo boleh jujur masa – masa sma itu menyenangkan loh, buktinya gue masih tetep bisa enjoy sama banyain maen di sekolah dan ngga terlalu serius banget buat belajar di kelas 1 tapi waku itu ada tawaran dari pak supri wali kelas gue buat ikutan beasiswa gistex, dan ternyata hasilnya gue gagal lolos beasiswa Gistex ( sekedar info, gistex adalah beasiswa pertama kali yang gue daftarin dan jadi tau betapa ribetnya daftar beasiswa ).

Berikut adalah kegagalan gue pas waktu kelas 2

Cerita lain gue pernah ikutan lomba Musabaqoh Tilawatil Kitab di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dan hasilnya gagaaaal deui bray. Mungkin karena gue kebanyakan maen atau apa jadi nya weh nilai gue ancur – ancuran pas kelas 2 ini tapi di semester berikutnya gue bisa fix it again. Gue juga pernah gagal buat ikutan Olimpiade Sains Nasional karena memang masih belum percaya diri sama kemampuan gue. Padahal mungkin biasa aja OSN bisa jadi Turning Point buat karir gue kedepannya. Sebagai obat alhamdulilah gue bisa ikutan O2SN ( Olimpiade Olahraga Siswa Nasional ) cabang lompat jauh, tapi karena gue masih nub gue pun gagal lagi buat ngewakilin kota bandung.

Berikut adalah kegagalan gue pas waktu kelas 3

Kelas tiga iya kelas tiga bisa jadi salah satu fase dimana gue mengalami perubahan yang sangat drastis dalam hidup gue dari dan yang paling kerasa adalah tentang perkembangan mental gue waktu itu. Gue jelasin singkat aja ya.

Karena baru banget memang di SYO alias Super Youth Olimpic gue semangat banget buat ikutan berbagai olimpiade yang ada, Terus sebenernya buat apa sih nu lo ngelakuin ini semua ? (Tujuannya supaya gue bisa dapet sertifikat buat daftar kuliah dan kalo juara ada beberapa yang langsung lolos tanpa tes di jurusan tertentu misal buat lomba OMIT sama EPC di ITS) dan berikut beberapa lomba yang berhasil bikin gue gigit jari, gagal lolos OMITS (olimpiade matematika ITS), Engineering Physics Challenge, Olimpiade Kimia Tingkat Nasional (OKTAN ITB) dan terakhir lomba pemilihan duta bahasa jawa barat.

Step berikutnya waktu itu gue juga lagi seneng – senengnya buat daftar kuliah ( eh nu kok seneng sih ? ) buat jawabannya ngga tau gue juga kenapa. Dan diantaranya yang gue gagal itu mulai dari SNMPTN, PMDK Polban, PKN STAN, ujian tulis UGM, sama yang paling sedih gue gagal buat masuk ke ITB. Saran gue sih jangan terlalu optimis juga, jujur kesalahan gue waktu itu mungkin karena terlalu optimis aja buat ke ITB. Skip.


Kegagalan – kegagalan gue di masa SMA adalah bagian dari proses gue dalam mencapai keberhasilan. Ibaratnya dari sekian tes yang udah gue laluin gue juga awalnya ngga tau mana aja sih test yang bisa bikin gue lolos kebangku kuliah dan mana yang ngga. Begitupun sama lomba. Intinya gue ngga bisa mastiin lah kalo gue bakal lolos di Univ A dan Jurusan B gitu. Yang gue bisa lakuin hanya berdo’a sama berusaha dengan semaksimal mungkin ( gatau udah berapa kali gue ngomong kaya gini, gue aja bosen dengernya apa lagi elo  ) tapi namanya juga hukum alam dan memang itu yang harus kita junjung.




Lain masa sma, Lain juga masa kuliah pasti punya cerita yang berbeda dan berikut kegagalan gue di masa – masa kuliah dan kabar baiknya karena gue masih menjalani prosesnya justru tulisan gue saat ini bisa dijadiin sebagai bahan refleksi buat kedepannya supaya bisa lebih baik lagi.

Di kampus tekanan gue lebih tinggi dibandingkan dengan di bangku SMA, itulah yang menuntut gue supaya harus bisa selalu bergerak, soalnya kalo gue diem atau ngikutin arus yang ada gue malah jadi orang bingung aja , terus abis itu apa yang akan terjadi “ ya gue bisa mati dong “ mati disini maksudnya gue ngga akan berkembang dan cenderung malah bikin gue jadi penonton aja. Dan dengan senang hati ini dia kegagalan yang udah gue lakuin.

Semester 1
Di awal – awal semester gue pake buat ngeriset dan nyari sebanyak mungkin informasi sama nyari kesempatan dan peluang yang bisa gue maksimalin di kampus UNDIP ini. Dari mulai search tentang gimana nantinya dunia perkuliahan gue, baca – baca blog kakak tingkat yang juga di fisika undip ( waktu itu gue baca blognya bang fajrul falah di undipstrip ) terus gue liat – liat ada organisasi apa aja disana yang bisa gue ikutin, nanya sebanyak mungkin ke kang johan tentang medan juang yang bakal gue tempuh selama beberapa tahun kedepan dan seperti biasa juga gue juga ngga lupa buat ngeriset tentang diri gue sendiri supaya bisa lebih dulu kenal sama diri gue sendiri.

Waktu itu gue gagal buat jadi ketua kelas pas ODM, gue juga gagal pas outbond, gagal juara Debat Ilmiah Nasional Undip gimana ngga ( waktu itu gue lagi jadi komting dan lagi sibuk – sibuknya dikader tapi disisi lain gue juga ngejar ambisi gue buat ikut berbagai perlombaan ), gagal juara LKTI Cosmos. Karena memang sejak awal gue pasang target yang tinggi buat di perkuliahan ini, gue bikin rencana di setiap semesternya mau ngapain aja, abis lulus kerja dimana sama kalo lanjut magister mau dimana ? ikut organisasi mana aja ? pelatihan, beasiswa yang mau gue apply dan berbagai insight lainnya yang bikin gue ngga mau hanya jadi mahasiswa yang kunang – kunang ( baca: kuliah nangkring – kuliah nagkring ) ataupun kupu – kupu. Tapi gue pengen menjalani dunia perkuliahan ini dengan lebih meaningful. Memang pada kenyataannya ada beberapa kebutuhan dan keinginan yang harus kita relakan karena adanya tanggung jawab lagi sedang di emban.


Semester 2
Setelah menjalani tahap kaderisasi atau pengenalan kampus gue pun mendapat kebebasan buat bergabung ke berbagai wahana dan kesempatan yang ada di kampus agar bisa ngembangin potensi gue, dari mulai LKMMD, kepanitiaan dan juga organisasi. Alhasil gue juga pernah gagal lolos XL Future Leaders, gagal beasiswa kader surau, gagal lolos ON MIPA Perguruan Tinggi.



Semester 3
Di semester ini kesibukan gue semakin menggila bahkan gue mengemban amanah di 4 organisasi sekaligus, 2 kepanitiaan yang bikin gue jadi ngga bisa sama sekali buat ikut yang namanya lomba hehe padahal sejak dulu pengen buanget. Soalnya ada praktikum juga dan tau lah gimana jurnal sama laporan praktikum ini.
Pertama gue gagal buat dapet IP diatas 3 yang bahkan berpengaruh ke IPK gue, Kegagalan gue di beasiswa kader surau ngga menyurutkan semangat buat daftar beasiswa lagi. Tapi alhasil gue gagal lagi dan di BAS ( Beasiswa Aktivis Salman ), Share scholarship juga masih belum rezekinya, ASPNF ( Asean School of Plasma and Nuclear Fusion ),  gagal dapet hasil test toefl diatas 450. Dan yang terakhir gue sebenernya bingung buat bilang ini kegagalan atau bukan tapi dalem hati gue juga lega karena ngga dapet amanah itu, yap gue gagal jadi ketua litbang.

Dan pulanglah gue ke bandung dengan hati yang nano – nano.

Semester 4
Menjadi semester yang membahagiakan dalam hidup gue karena di semester ini gue bisa kembali lagi ke trek gue yaitu riset tapi ternyata perjalanan gue ngga semulus apa di rencanain dan gue tetep masih ada yang gagal yaitu -gagal lagi XL Future Leaders batch 7, gagal ikut FLS ( future Leader Summit) , gagal PIMNAS, gagal dapet medali emas di I – ENVEX, gagal dapet ip diatas 3, gagal lagi di on mipa karena persiapan yang kurang.


Semester 5
Menjelang tulisan ini berakhir gue ngga bakal ngedetailin lagi tentang apa sih kegagalan yang gue alamin, tapi intinya makin kesini , semakin banyak yang gue coba semakin sedikit juga gagalnya karena alhamdulilah gue belajar. Tapi tetep ada beberapa dari kegagalan masa lalu yang berdampak ke kondisi sekarang misalnya IPK sama Bahasa Inggris. Serius gue bener – bener kurang pede aja sama dua kata diatas tadi. Tapi berangsur – angsur gue coba perbaiki dan akhirnya keberhasilan pun dateng dalam hidup gue. Apa aja kegagalan gue di semester 5 ini ? ngga bisa ikut beasiswa bakti nusa, gagal kerja Praktek di krakatau steel, gagal ikut unilever Future Leader League, gagal ikut Indonesia Next. Yap tapi rasanya kegagalan karena ngga nyoba sama sekali lebih menyakitkan daripada kegagalan yang seengganya gue udah pernah nyoba.

Semester 6
Mungkin belum selesai tapi keberhasilan gue buat menang di lomba blog zenius, dapet gold medal di IPITEX Thailand menyisakan banyak cerita dibaliknya yaitu pertama gue gagal buat lolos beasiswa mentorship dari iman usman, tapi gue bisa memang lomba blog zenius. Gue gagal buat jadi mawapres ( mahasiswa berprestasi ) tapi gue bisa ngerintis start up bareng temen gue sama punya pengalaman bekerja di salah satu coworking space yang ada di semarang. Gue gagal dapet sponsor, tapi ngebuat gue sadar kalo gue harus mandiri secara financial sama ternyata banyak orang – orang yang peduli sama gue. Gue gagal ikut ON MIPA sama NUDC tapi gue jadi sadar bahwa ngga semua kegiatan yang ada harus gue ikutin, karena bisa aja rezeki gue bukan disitu. Dan terakhur gue gagal buat mendapatkan hati seseorang tapi dari situ gue sadar bahwa mungkin aja value gue belum fit dan menjadi pelecut semangat buat gue bisa terus berbenah diri untuk ningkatin value diri gue dan orang – orang yang ada di sekitar gue. 




Closing but is not last
Dari beberapa kegagalan gue diatas,  gue dapet salah satu faktor yang paling krusial dan bikin gue ngga pede buat maksimalin potensi yang ada yaitu
Masalah IPK sama kadang gue suka males - malesan buat kuliah, skill bahasa inggris yang pas – pasan, kadang kondisi financial yang kurang stabil bikin banyak kegiatan gue jadi terhambat misal pengen ke semarang bawah tapi karena ngga ada motor jadi ngga jadi, mau maksain make grab juga mahal atau mau naik brt juga waktunya yang kurang / ngga cukup dan masih banyak dilema lainnya, Belum yakin dan konsisten sama diri sendiri dan terakhir Gue masih terlalu generalist. Ibarat pengen bisa mencapai semuanya,  jadi semuannya gue coba tapi apa yang terjadi,  justru gue jadi malah gawe nya setengah - setengah sama ngga punya spesialisasi di bidang apapun :(, diawal – awal mungkin gue bisa ngehandle semuanya tapi ketika tanggung jawab sama kegiatan itu makin besar gue jadi kesulitan buat ngatur prioritas sama bahkan kadang jadi malah keteteran.

Nnnnnahhhh! 

Dari sini gue jadi paham " kenapa gue bisa begitu banyak gagal2 dalam hidup, dari sini gue juga jadi kenal sama diri gue sendiri. Untuk itu mulai dari sekarang yang akan gue lakuin adalah

1. Belajar dari kesalahan masa lalu dan berjanji sama diri sendiri buat ngga ngulangin kesalahan yang sama,  ya kadang gue harus memaafkan diri gue sendiri terlebih dahulu, sebelum gue melangkah ke depan.
2. Bersyukur dengan apa yang ada dan lagi di miliki sekarang,  terus memaksimalkan semua potensi yang ada dengan se optimal mungkin like pkm,  start up dll
3. Tetap selalu menjaga harapan,  karena hanya dengan harapan lah kita bisa yakin bahwa masa depan lebih indah dan menyenangkan daripada apa yang gue bayangkan.

Bisa jadi ketika gue, lo dan kita semua gagal, awalnya bakal ngalamin yang namanya ngedown bahkan bisa sampe depresi. Tapi, selama kita masih ada harapan dan upaya memperbaiki mindset kita (kalo gue gagal itu adalah bagian dari proses, dan Allah tau apa yang terbaik buat kita , mungkin memang belum saatnya gue dapetin hal itu yang menjadi target gue, untuk itu gue harus belajar dengan lebih giat lagi sampe gue bener – bener pantes buat dapetinnya dan ngga usah buru – buru karena setiap orang punya waktu nya masing – masing ).


Terakhir gue pengen ngucapin makasih banyak yang udah baca sampe sejauh ini sini, selamat kalian luar biasa. Cerita gue memang ngga semulus apa yang dapat gue rencanain, gue adalah salah satu orang yang ngerasa gagal dalam hidup tapi gue masih tetep memegang harapan dan mencoba buat memperbaiki diri dari hari ke hari. Buat yang mau diskusi bisa langsung aja di comment section di bawah yaa.

Lukisan Ruang Waktu
Ibnu Riski